Hosting Gratis

Pages

Tuesday, July 2, 2013

Contoh Membuat Proposal

Pada kesempatan ini, kami akan membawa Anda ke informasi yang lebih ke pendidikan. Setelah beberapa saat yang lalu kita membahas tentang kuliner yang ada di negeri kita baik berasal dari manca negara maupun tradisional. Kali ini kami akan membahas tentang contoh membuat proposal. Tentu saat Anda duduk di bangku SMP ataupun SMU sering sekali mendengar kata proposal atau membuat makalah ini dalam pelajaran bahasa Indonesia. Ini karena Anda akan terjun ke masyarakat yang memang terkadang membutuhkan proposal tersebut untuk keperluan perusahaan, pemerintahan ataupun pribadi Anda saat Anda memiliki keinginan dalam sesuatu hal.
Hal ini memang sering ditemukan di sekolah namun mungkin Anda lupa akan konsep ataupun susunan dalam membuat proposal tersebut. Oleh karena itu, kami akan memberikan contoh membuat proposal lengkap dengan konsep dan susunannya. Namun sebelum kita menuju ke pokok pembahasan dan melihat contoh membuat proposal, alangkah baiknya jika mengerti dan memahami apa itu proposal. Pengertian dari proposal itu sendiri adalah surat yang pola dan cara dalam menulisnya memiliki aturan yang umum untuk menjelaskan suatu rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan tertentu.
Contoh Membuat Proposal
Dengan mengerti dan memahami cara membuatnya tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Maka dari itu, proposal yang baik dan benar merupakan salah satu langkah perencanaan kegiatan menuju sukses. Dalam membuatnya, terutama untuk kegiatan, tentu Anda harus menjelaskan secara rinci tentang kegiatan tersebut, yang bisa dimulai dari aktifitasnya, latar belakang, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, dan hal lain yang di jelaskan secara rinci namun singkat. Berikut ini adalah contoh membuat proposal kegiatan untuk Perayaan HUT Republik Indonesia yang akan diadakan di lingkungan RW Anda. Meskipun tingkatannya hanya pemerintahan kecil, proposal ini tetap harus dibuat sesuai aturan. Langsung saja, berikut contohnya:
Pendahuluan
Latar Belakang:
Tema yang akan digunakan dalam HUT RI yang ke 68 ini adalah “Kobarkan Semangat 17-8-45, Mari Lanjutkan Pembangunan Dibidang Ekonomi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat, dan juga Memperkokoh Pertahanan Nasional dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi”
Maksud dan Tujuan
Kegiatan ini diadakan untuk mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbagi kegembiraan saat menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke 68 yang bertepatan pada 17Agustus 2013.
Tujuan Kegiatan
  • Mempererat dan menjalin tali silaturahmi di antara warga RW03 Kelurahan Kebon kelapa Kecamatan Kebon Kelapa – Bandung
  • Meningkatkan dan memberikan semangat juang yang lebih dalam mencapai prestasi anak-anak di lingkungan ini.
  • Menanamkan jiwa nasionalisme dan sportifitas dalam bersaing antar warga terutama anak-anak.
  • Menanamkan rasa kebangsaan pada generasi muda yang berguna untuk memperkuat pertahanan nasional dalam menghadapi era globalisasi.
Dasar Kegiatan
  • Kegiatan ini berdasarkan:
  1. Untuk mengamalkan Sila III yaitu Persatuan Indonesia
  2. Arahan dan petunjuk dari petinggi desa terutama Ketua Rukun Warga 03, dan telah membahas secara detail untuk kegiatan yang akan di selenggarakan guna memperingati HUT RI ke 68 antar RT khususnya di lingkungan RW 03 kelurahan kebon kelapa, Bandung
Isi Proposal
  • Macam-macam Kegiatan:
  1. Upacara Bendera
  2. Syukuran
  3. Ramah Tamah diikuti dengan Hidangan
  4. Perlombaan:
  5. Balita: 3 perlombaan
  6. Anak-anak ditingkat dasar: 5 perlombaan
  7. Anak-anak ditingkat Remaja: 5 Perlombaan
  8. Dewasa: 5 Perlombaan
  • Peserta
Seluruh warga yang berada di RW 03 Kelurahan Kebon Kelapa, Bandung

Demikianlah contoh membuat proposal kegiatan diatas, semoga bisa membantu Anda dalam menyusun proposal dengan benar.

0 komentar:

Post a Comment