Hosting Gratis

Pages

Tuesday, July 2, 2013

Tips dan Contoh Membuat CV yang Benar

CV atau Curriculum Vitae ini adalah daftar riwayat hidup yang diperlukan saat kita ingin melamar pekerjaan. Kebanyakan orang, dalam membuat CV ini membutuhkan contoh. Contoh membuat CV ini terkadang menjadi hal yang sangat penting, karena pada umumnya disaat kita akan melamar pekerjaan, terkadang kita menjadi lupa cara membuatnya. Hal ini mungkin karena membuat CV ini tidak sering kita lakukan. Dengan membuat CV yang benar dalam melamar pekerjaan, akan berpengaruh pada hasil yang akan Anda terima. Karena dengan CV tersebut, Anda bisa menunjukan seberapa berkualitasnya Anda dalam menduduki posisi dalam perusahaan yang akan Anda tuju.
Dengan begitu pihak atasan yang membaca surat lamaran Anda, dapat menilai keprofesionalan Anda dengan membaca surat lamaran Anda dan CV Anda. Membuat CV tidak berbeda dengan surat lamaran kerja yang Anda buat, mengingat kedua surat ini memiliki kepentingan yang sama dalam melamar suatu pekerjaan. Maka dari itu, dalam membuat daftar riwayat hidup ini, Anda harus membuatnya dengan baik dan benar, jangan sampai Anda membuat kesalahan yang akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Dibawah ini ada tips dan contoh membuat CV yang baik dan benar, contoh dibawah bermaksud agar CV Anda terlihat lebih profesional.

Tips dan contoh membuat CV agar terlihat lebih Proesional

Dalam membuat CV, alangkah baiknya tidak terlalu panjang, maksimal dua halaman. Buat CV ini singkat, padat dan mudah dimengerti. Jika pengiriman lamaran melalui email atau melalui internet, buatlah CV tersebut dalam format PDF atau DOC, yang hampir semua perusahaan menggunakannya. Dan tentunya, surat ini akan berhubungan dengan huruf atau font, gunakan Times New Roman atau Arial agar lebih mudah dibaca, jangan menggunakan huruf atau font yang sulit dibaca atau dimodifikasi. Akan lebih baik jika Anda bisa menggunakan teknik desain dari beberapa aplikasi desain seperti COREL atau PHOTOSHOP, dengan ketrampilan tersebut Anda bisa membuatnya dengan format PDF yang bisa menjadikan CV Anda lebih menarik. Tapi ingat tidak di desain terlalu ramai, karena akan menggangu atasan Anda yang akan membaca, buatlah seformal mungkin.
Dalam menempatkan data-data pribadi Anda, buatlah seperti kop surat, Anda bisa meletakkan nama, alamt, tanggal lahir, status Anda, jenis kelamin yang diikuti oleh telepon, email, web pribadi Anda. Dalam penyimpanan nomor telepon, lebih disarankan untuk menuliskan nomor ponsel Anda. Hal ini dikarenakan agar Anda bisa menerima panggilan tersebut setap saat, karena jika Anda menuliskan nomor telepon rumah, bisa saja pihak perusahaan menghubungi Anda saat Anda sedang berada diluar.
Tuliskan riwayat pendidikan Anda secara jelas namun singkat. Susunlah dengan baik penulisannya, yang pada umumnya diawali oleh pendidikan tertinggi Anda yang terus hingga ke pendidikan pertama Anda. Dan jangan lupa cantumkan juga periode tahunnya. Jika Anda pernah mengikuti pendidikan yang non formal seperti kursus atau pelatihan lainnya yang berhubungan dengan posisi yang ingin Anda tempati, hal tersebut akan sangat membantu jika diikutsertakan.
Setelah pendidikan, cantumkan juga riwayat pekerjaan Anda jika ada, tuliskan posisi, dan periode tahunnya juga. Namun hal ini berbeda dengan riwayat pendidikan Anda, pada riwayat pekerjaan Anda harus menyusunnya dari awal mula Anda bekerja dan diakhiri oleh pekerjaan yang terakhir. Riwayat ini harus bisa Anda pertanggungjawabkan, oleh karena itu harus Anda buat sejujur-jujurnya dan apa adanya.
Untuk penutupan, Anda bisa mencantumkan hobi dan kegemarana Anda, serta referensi jika memang anda. Hal ini bisa membantu Anda agar CV yang Anda buat terlihat profesional dan lengkap.

Demikianlah Tips dalam membuat CV yang baik dan benar, untuk lebih jelasnya, kami hadirkan contoh membuat CV dalam bentuk gambar dibawah ini



0 komentar:

Post a Comment